infobintang.com-Bos atau manajer adalah orang yang banyak mengatur orang yang bekerja menjadi bawahannya maka bos sangat berpengaruh atas berhasil atau tidaknya prusahaan yang anda pimpin.
pimpinan adalah dambaan semua orang yang telah lama berkarier baik di kantoran maupun di prusahaan tempat dia bekerja.
Karena dia telah mencapai jenjang yang tinggi di perusahaan itu.Agar bos atau pimpinan atau manajer itu menjadi teladan di mata anak buahnya maka bos atau pimpinan harus bisa menguasai 10 tips berikut ;
1.komunikasi yang jelas.
Komunikasi adalah memegang peranan yang penting sekali pada setiap kegiatan yang dilakukan, atu dalam pengololaan dan merupakan komponen yang penting, atas keberhasilan prusahaan yang anda pimpin.
Asal tau saja biasanya kegagalanny seorang manajer karena komunikasi yang kurang baiik, dengan bawahan anda.
2.Informasi lewat saluran tepat.
Anda sebagai manajer , anda merupakan seorang penghubung .
Anda memberikan informasi dari satu titik ketitik yang lain dan bisa menyaring isi informasi itu secara tepat, adalah anda yang bertanggung jawab atas proses kelancarannya sasaran.komunikasi di prusaan yang anda pimpin.
|
10 Tips untuk menjadi bos teladan yang dicintai karyawan |
3.Siapkan sasaran.
Disini anda harus berbeda dengan yang didepan anda harus mempunyai pandangan yang terbalik mengenai sasaran yang akan dicapai.
Andalah akan menentukan kemana arah tujuannya tim yng anda pimpin dalam mencapai tujuan perusahaan. Dengan misi dan tujuan perusahaan anda harus bisa memilah milih dan mengatur pembagian kerja dan tim anda.
Arahkan kemajuan untuk mencapai misi perusahaan.
4. Motipasi tim kerja
Tim kerja yang selalu di motipasi akan selalu mencapai target yang kita tentukanmotipasi bukan hanya mengenai uang atau konpensasi , walaupun hal ini memegang peranan yang penting. Karena motipasi dari sorang pemimpin akan dapat menumbuhkan inspirasi bagi bawahan anda.
Dan untuk memberikan motipasi anda harus menyusun kinerja yang penuh semangat dan bebas intrik dan bila memberikan motipasi pada tim kerja harus yang menantang dengan kata lain menunjukkan jalanpada bawahan anda, dan andalah yang akan menghilangkan kendalanya.
5.Prioritaskan kegiatan
Anda bertanggung jawab untuk mengawasi tim kerja , perhatikan siapa yang perlu didorong dan siapa yang sedang stress karena di kejar tenggat waktu.
Dan setiap orang merasa pekrjaannya yang terpenting dan yang terberat, manajer yang baik dapat melatih kedisiplinan dalam pengololahan watu yng tepat dan benar, baik untuk dirinya snediri maupun untuk orang di bawahannya.
Anda bisa memulai dengan mengatur waktu anda sendiri dan memprioritaskan pada pekerjaan-pkerjaan tertentu.
6.Memonitor
Ingat , tugas anda bukan hanya membagikan tugas pada bawahan anda lalu duduk manis dan menunggu laporaan akhir ,anda harus memonitor sampai dimana bawahan mengerjakan tugasnya yang di bebankan keoadanya.
Dan memeriksa apakan bawahan anda mendapatkan kendala atau tidak,dengan
Demikian anda telah mengantisipasi dari awal kendala-kendala yang di hadapi bawahan anda di lapangan. Dan dengan demikian semua perjaan akan bisa tercapai atau di selesaikan tepat p[ada waktunya.
7.Mengevaluasi
Setiap tahun selalu ada penilaian terhadap prestasi setiappegawai dan nilai prestasi bawahan anda akan di evaluasi oleh prusahaan sesudah mendapat nilai evaluasi dari anda, nilai prestasi itu tdak selalu sesuai dengan yang di harapkan pegawai anda, dan bila hal ini terjadi pegawai itu akan merasa kecewa , stress, serta tidak bersemngat.
Dan cara penyampaian kepada bawahan anda tentang hasil evaluasi mereka usahakan sampaikan dengan tidak menghakimi mereka dan lakukan pendekatan yang mendukung.
8.Mengatasi konflik
Atasi konplik karena di tempat kerja kalau terjadi konplik siapa pun orangnya kan menjadi stress, anda sebagai pimpinan harus bisa memahami keadaan.
Anda harus bisa memahami prinsip-prinsip dan cara –cara mengatasi konplik yang terjadi.
Latih bawahan dan bila anda mengurasi friksi yang tidak produktif dan anda harus melancarkan kerja sama dengan bawahan untuk memperbaiki mutu kehidupan setiapdi lingkungan kerja anda.
9.Mengembangkan keterampilan tim
Tunututan saat ini adalah belum tentu merupakan tuntutan untuk masa depan, anda harus dapat mengatasi konteks masa depan yang sesuai dengan keterampilan anda, dan keterampilan yang di kuasai tim kerja anda. Agar tim anda bisa mencapai keberhasilannya anda harus jeli memperhatikan kekurangan yang di miliki tim kerja anda, dan memberinya pelatihan yang sesuai dengan sasaran tim kerja anda.
10.Pandai menempatkan diri
Ada saatnya anda harus turun tangan bila ada anak buah anda yang memerlukan bantuan anda,
Anda harus bisa dan mau melakukannya .
Tentu tidak selalu karena anda sendiri dituntut untuk memusatkan perhatian pada tugas dan tanggung jawab yang anda pikul.
Dan dalam memberikankan panduan pada anak buah bimbinglah mereka menuju tangga sukse.
Karena anak buah anda sukses tentu merupakan ksesuksesan anda juga tentunya.
Demikianlah
10 tips untuk menjadi bos atau pimpinan yang teladan,yang tentunya dambaan semua pemimpin, tapi kadang kala kegagalan yang di alami seorang pemimpin karena anda belum memahami tips-tips ini,, semoga bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan nya dan terimakasih.
Lihat juga : Tips Menjaga Pola Makan Dan Hidup Sehat